Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana teknik pemeliharaan ikan Aphyosemion australe pada akuarium

Terdapat berbagaimacam jenis ikan yang ada di alam, salah satunya yaitu jenis Ikan Aphyosemion australe. Ikan ini merupakan jenis ikan air tawar yang biasa hidup di perairan umum.  

Ikan Aphyosemion australe  memiliki warna yang indah. Ikan ini memiliki warna orange dengan bentuk tubuh yang unik dan menarik. 

Ikan Aphyosemion australe termasuk jenis ikan yang memiliki ukuran kecil, ikan ini memiliki panjang tubuh sekitar  4 cm. 

Di lingkungan tempat hidupnya,  ikan ini menyukai lingkungan dengan tingkat pencahayaan yang sedang. Dalam proses perkembangbiakan, ikan Aphyosemion australe berkembangbiak dengan cara bertelur.

Sebagai penghobi ikan yang ingin memelihara ikan Aphyosemion australe di rumah, ikan Aphyosemion australe ini dapat dipelihara di dalam akuarium. 

Agar ikan Aphyosemion australe yang dipelihara pada akuarium tumbuh dengan sehat, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu : 

1. Air akuarium  yang digunakan untuk memelihara ikan Aphyosemion australe memiliki nilai pH 6,5.
2. Tingkat kekerasan air akuarium yaitu sebesar 3.
3. Suhu air pada akuarium memiliki nilai sebesar 25 derajat celcius. 
4. Jumlah air akuarium yang digunakan untuk memelihara ikan Aphyosemion australe yaitu sebesar 40 liter.
5. Pada kegiatan pemeliharaan di akuarium, ikan Aphyosemion australe harus diberi pakan, adapun pakan yang diberikan yaitu  berupa cacing hidup.
6. Lampu dapat dipasang pada akuarium, ikan Aphyosemion australe di alam menyukai lingkungan perairan dengan tingkat pencahayaan sedang, oleh karena itu lampu yang digunakan pada akuarium harus memiliki tingkat pencahayaan yang sedang, tidak terang dan tidak terlalu redup.
7. Ikan Aphyosemion australe merupakan jenis ikan yang jinak sehingga ikan Aphyosemion australe dapat dipelihara oleh penghobi ikan pemula.
8. Tanaman air sangat cocok dipasang pada akuarium, karena ikan Aphyosemion australe menyukai lingkungan perairan dengan tanaman air yang tumbuh disekitarnya. Selain itu tanaman air ini dapat memperindah akuarium.
9. Ikan Aphyosemion australe yang dipelihara pada akuarium memiliki kebiasaan berenang di bagian permukaan akuarium, di bagian tengah dan di bagian bawah akuarium.  

Dengan kita memelihara ikan Aphyosemion australe pada akuarium di rumah, maka rumah kita akan kelihatan indah. Selain itu memelihara ikan pada akuarium dapat memberikan perasaan senang kepada kita yang melihatnya. 

Demikian beberapa hal yang perlu kita ketahui ketika akan memelihara ikan Aphyosemion australe pada akuarium.